SLOT BONUS DEPOSIT 500

Perhitungan Pph 21 Dan Bpjs

Perhitungan Pph 21 Dan Bpjs – Informasi penghitungan PPh 21 merupakan suatu keharusan bagi semua Wajib Pajak, terutama yang bertindak sebagai penyusun pajak PPh 21, seperti pengusaha atau bagian keuangan/SDM dari perusahaan yang mengelola pajaknya sendiri.

Artikel ini tidak membahas cara menghitung PPh 21, melainkan melihat komponen yang perlu Anda sertakan saat menghitung PPh 21, seperti pendapatan, iuran BPJS, dan lainnya.

Perhitungan Pph 21 Dan Bpjs

Untuk memahami detail perhitungan PPh 21, Anda dapat mempelajari dasar-dasar dan konsep metode perhitungan PPh 21 di bawah ini.

Cara Mudah Perhitungan Pph 21 Terbaru Excel Dan Aplikasi

Penghasilan tidak tetap adalah gaji yang diterima oleh pegawai atau penerima penghasilan lain secara tidak teratur, misalnya:

Semua warga negara Indonesia dan orang asing yang tinggal di Indonesia lebih dari 6 bulan wajib menjadi anggota BPJS.

Iuran BPJS dibayarkan oleh pemberi kerja dan pekerja sebagai persentase dari upah atau gaji yang ditetapkan oleh pemerintah (apakah upah tersebut berupa upah pokok, upah kotor, upah bersih, dan lain-lain tidak ditentukan dalam peraturan). peraturan.

Asuransi kompensasi pekerja adalah asuransi yang memberikan kompensasi dan perawatan rehabilitatif kepada karyawan yang terluka dalam suatu kecelakaan sampai mereka kembali bekerja atau menderita penyakit akibat kerja.

Jual Software Payroll Standard

Mulai 1 Juli 2015, tarif premi asuransi kesehatan adalah 5% dari gaji, 4% untuk pemberi kerja dan 1% untuk karyawan.

Gaji atau gaji yang menjadi dasar penghitungan premi jaminan kesehatan terdiri dari gaji pokok atau upah dan tunjangan tetap.

Gaji maksimal atau gaji bulanan yang digunakan sebagai dasar penghitungan iuran adalah dua kali PTKP bagi orang yang sudah menikah dengan satu anak.

Jika ada 4 atau lebih anak, orang tua, mertua, setiap orang dibayar 1% dari gaji/gaji.

Perhitungan Pph 21 Terbaru Dengan Ptkp 2021

Bagi pemberi kerja yang memberikan manfaat PPh 21 kepada karyawannya, dalam hal ini seluruh atau sebagian manfaat PPh 21 merupakan komponen tambahan dari penghasilan bruto.

Pengusaha yang memberikan upah penuh BPJS (JKK, JK, JP, JKes) sebagai metode penghitungan upah bersih; untuk makan

Bea ini merupakan salah satu komponen penting dalam perhitungan PPh 21 dan ditetapkan menurut Pasal 17(1) a Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2008.

Anda bisa menggunakan OnlinePajak untuk menghindari kesalahan perhitungan PPh 21. Sebagai mitra resmi DJP, aplikasi ini memiliki fitur penggajian yang memudahkan penghitungan gaji dan pajak pegawai.

Pro Int Dinamika

Selain itu, Anda dapat membayar dan melaporkan PPh 21 tepat waktu. Semua dalam satu aplikasi terintegrasi. Tertarik untuk mencoba? Klik di sini untuk mendaftar langsung.

Software penggajian terbaik Indonesia adalah aplikasi online dengan sistem penggajian karyawan otomatis. Cari tahu alasannya dalam ringkasan peraturan pemerintah tentang sistem penggajian berikut ini.

E-SPT PPH 21 merupakan pedoman untuk memudahkan pembuatan dan pelaporan SPT PPh 21 secara elektronik. Download dan Tonton Panduan Belajar eSPT PPH 21 Disini!

OnlinePajak adalah merek dagang terdaftar dan hak cipta dari PT Achilles Advanced Systems. Syarat, ketentuan dan produk sewaktu-waktu dapat berubah. Penghitungan PPh Pasal 21 (PPh 21) merupakan tugas administrasi yang paling kompleks bagi SDM/Keuangan dalam suatu perusahaan. Metode penghitungan PPh 21 ini mengandung banyak komponen dan harus sesuai dengan aturan penghitungan pajak yang diberikan oleh undang-undang.

Ketentuan Bpjs Kesehatan Dalam Penghitungan Pph Pasal 21

Dalam menghitung PPh 21 pegawai, kami tidak menerapkan Undang-Undang Sumber Daya Manusia atau Undang-Undang Penciptaan Lapangan Kerja, tetapi kami menerapkan ketentuan Undang-Undang Pajak Penghasilan, Peraturan Menteri Keuangan dan Peraturan Otoritas Pajak Nasional.

Langkah pertama dalam menghitung PPh 21 adalah dengan menjumlahkan penghasilan bruto pegawai, yaitu semua jenis penghasilan kena pajak yang diterima pegawai. Pendapatan kotor terdiri dari komponen pendapatan tetap dan tidak tetap, antara lain:

Gaji pokok adalah gaji pokok untuk suatu pekerjaan atau jabatan tertentu dan dibayar dengan tarif tetap.

Tunjangan mengacu pada penghasilan tambahan yang berhubungan dengan pekerjaan di samping gaji pokok, seperti upah dan tunjangan kehadiran.

Cara Hitung Pph Pasal 21 (perhitungan Pph Dengan Ptkp) Terbaru 2019

Manfaat BPJS yang dibayarkan oleh perusahaan termasuk penghasilan kena pajak. Manfaat BPJS yang meningkatkan pendapatan kotor adalah jaminan kesehatan BPJS kesehatan sebesar 4% dari gaji, manfaat Jaminan Santunan Tenaga Kerja (JKK) sebesar 0,24% menjadi 1,74% dari gaji dan Jaminan Kematian (JKM) sebesar 0,3% dari gaji.

Kredit pajak diberikan oleh perusahaan dengan menggunakan metode gross-up PPh 21 untuk jumlah kredit pajak karyawan. Manfaat pajak bertindak sebagai peningkatan pendapatan kotor karyawan dan dikenakan pajak.

Tunjangan hari raya keagamaan (THR) adalah komponen penghasilan bukan upah yang termasuk dalam penghasilan bruto pegawai dan dikenakan pajak.

Bonus, insentif, komisi, atau nama lain termasuk pendapatan selain gaji pokok dan tunjangan yang meningkatkan total pendapatan karyawan. Penghasilan dikenakan pajak sebesar PPh 21.

Perhitungan Pph 21 Dengan Tepat Dan Akurat

Contoh 1: Seorang pegawai menerima gaji pokok Rp 5.000.000 dan tunjangan tetap, mengikuti BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, menerima gaji THR 1 bulan dan bonus tahunan Rp 5.000.000. Jumlah total pendapatan adalah sebagai berikut:

Langkah kedua dalam menghitung pajak penghasilan karyawan adalah menghitung penghasilan bersih Anda dengan mengurangkan penghasilan kotor Anda sebagai faktor pengurang. Komponen pengurang penghasilan bruto dalam penghitungan PPh 21 adalah:

Menurut Dinas Perpajakan No. PER-16/PJ/2016, biaya kantor dengan atau tanpa jabatan.

Iuran pensiun yang dibayarkan oleh karyawan dipotong dari penghasilan kotor karyawan. Misalnya, Jaminan Pensiun (JP) BPJS Ketenagakerjaan adalah 1% dari gaji pegawai. Per Maret 2021, gaji maksimum sebagai pengganda adalah Rp 8.754.600.

Lebih Lengkap Penjelasan Cara Menghitung Pph 21

Iuran Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan 2% yang dibayarkan oleh pegawai juga dapat dimasukkan dalam komponen pengurangan penghasilan bruto.

Langkah ketiga adalah cara menghitung pph 21. Penggunaan Penghasilan Bebas Pajak (PTKP). Ini adalah batas pendapatan tahunan wajib pajak. Taksiran pendapatan PTKP digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok wajib pajak dan keluarganya dan tidak termasuk dalam perhitungan PPh 21.

PTKP merupakan faktor pengurang terbesar dalam penghitungan pajak penghasilan. PTKP terus berkembang sejalan dengan peraturan pemerintah baru-baru ini. Berikut ini adalah perubahan yang dilakukan pada PTCP sejak tahun 2001.

Pada tahun 2021 tidak akan ada aturan baru yang mengubah PTKP, sehingga penghitungan PPh 21 pegawai berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 202. Menurut 101/PMK.010/2016, PTKP 2016 masih berlaku. Berikut ketentuan PTKP 2016:

Update 2021! Cara Efektif Perhitungan Pph 21 Untuk Pegawai Tetap

Langkah keempat dalam menghitung pph 21 Anda adalah menghitung Penghasilan Kena Pajak (PKP) Anda yang akan dikenakan pajak. PCP adalah laba bersih dikurangi PCP karyawan.

Contoh 3: Pada lanjutan Contoh 2, jika pegawai masih lajang dan tidak memiliki tanggungan maka digunakan PTKP TK/0, maka perhitungan PKP pegawai adalah:

Langkah kelima adalah menerapkan rumus PPh 21 berdasarkan tarif pajak bagi pegawai PKP. Tarif pajak PPh 21 adalah tarif pajak progresif secara hierarkis yang diatur dalam Pasal 17 ayat (1) huruf a Undang-Undang Pajak Penghasilan.

Contoh 4: Melanjutkan contoh PPh 21 di atas, PKP adalah Rs 15.827.000, jadi berlaku tarif pajak tingkat pertama 5%. Perhitungannya adalah sebagai berikut:

Rincian Iuran Bpjs Ketenagakerjaan Yang Harus Disetor Perusahaan

Ada tiga cara untuk menghitung PPh 21. Menurut Dinas Perpajakan No. PER-16/PJ/2016, ada metode perhitungan umum, umum dan bersih. Untuk melihat perbedaannya, berikut adalah contoh penghitungan pajak PPh 21 dengan tiga cara berbeda.

Ini adalah metode yang paling banyak digunakan untuk membayar upah karyawan dan mengurangi pajak dari upah mereka. Karyawan menerima kurang dari yang dijanjikan. Ini karena karyawan harus membayar pajak penghasilannya sendiri.

Misalnya, jika seorang karyawan tunggal tanpa tanggungan dijanjikan gaji tetap dan tunjangan sebesar Rp10.000.000 per bulan, karyawan tersebut akan menerima, setelah pajak, Rp. Anda hanya akan mendapatkan 9.666.667 per bulan.

Dalam metode akrual, perusahaan memberikan kredit pajak, yang ditambahkan ke pendapatan kotor karyawan, setelah itu perusahaan memotong PPh 21 dari gaji karyawan. Kredit pajak dipotong dari jumlah pajak yang dipotong.

Setting Jkm Relaksasi Iuran Bpjs Ketenagakerjaan Bantu Pengusaha Masa Pandemi Di Gadjian

Misalnya, jika seorang karyawan tanpa tanggungan dijanjikan gaji tetap dan tunjangan sebesar Rs 10.000.000 per bulan, perusahaan harus memberikan gaji kotor Rs 10.392.157 dan tunjangan pajak Rs 392.157.

Metode neto digunakan untuk menghitung PPh 21 yang dibayarkan perusahaan kepada karyawannya sebagai upah neto. Pajak PPh 21 ditanggung perusahaan dalam bentuk subsidi pajak.

Tidak seperti skema pertumbuhan, di mana manfaat PPh 21 dikenakan pajak selain penghasilan bruto, hibah PPh 21 tidak meningkatkan penghasilan bruto dan tidak dikenakan pajak.

Misalnya, jika seorang karyawan tanpa tanggungan dijanjikan gaji tetap sebesar Rs 10.000.000 per bulan ditambah tunjangan, ia akan menerima gaji bersih sebesar Rs 10.000.000 bebas pajak. Perusahaan menawarkan subsidi pajak sebesar Rp333.333.

Perhitungan Pph Psl.21 Lengkap

Perhitungan pajak pegawai di atas menggunakan cara manual yang membutuhkan ketelitian dan memakan waktu. Jika tidak mau repot bisa menggunakan aplikasi perhitungan PPh 21 yang efisien, cepat dan minim error.

Aplikasi HRIS memiliki kalkulator PPh 21 online yang otomatis menghitung PPh karyawan bruto, bruto atau neto. Saat menghitung gaji karyawan Anda, fitur penghitungan PPh 21 online menunjukkan pemotongan pajak atas gaji karyawan Anda.

Fitur ini seperti kalkulator otomatis yang menghitung PPh 21 tergantung pendapatan pegawai dan PTKP sesuai aturan perpajakan terbaru. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi menghitung pajak Anda dengan rumus PPh 21 Excel.

HRIS Indonesia di cloud memberikan efisiensi dan otomatisasi pengelolaan karyawan, mulai dari penggajian, cuti, BPJS, PPh 21, hingga analisis data karyawan. Anda dapat mencobanya secara gratis untuk melihat bagaimana aplikasi ini dapat membantu mempermudah pekerjaan Anda, atau Anda dapat mendaftar langsung dari situs web, tetapi memasukkan data ke Excel satu per satu akan memakan waktu tergantung pada berapa banyak karyawan yang dimiliki perusahaan Anda. .

Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Dalam Perhitungan Pph Pasal 21

PPh 21 didefinisikan dalam Peraturan IRS No. 1. PER-32/PJ/2015 – Pajak atas penghasilan berupa upah, tunjangan, balas jasa atau pembayaran lainnya. topik. .

Dalam perhitungan Excel PPh 21 terbaru saya memiliki:

Exit mobile version